ATCS Dinas Perhubungan Kota Denpasar

  • 22 Juli 2019
  • Oleh: Dinas Perhubungan Kota Denpasar
  • Dibaca: 1404 Pengunjung

Area Traffic Control System atau yang lebih dikenal dengan istilah ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. ATCS terdiri dari beberapa sistem utama yaitu :

  1. Server, Workstation, yang berfungsi sebagai pusat operasional untuk memonitor dan mengontrol kondisi lalu lintas dari seluruh persimpangan dalam satu area.
  2. Wall map, yang berfungsi menyediakan informasi status dan kondisi dari Local Controller.
  3. Local Controller atau pengontrol persimpangan.
  4. Video Surveilance (CCTV).
  5. Vehicle Detector.

 

ATCS Kota Denpasar telah memiliki 105 kamera CCTV yang terdiri dari 60 kamera PTZ dan 45 kamera FIX yang telah terpasang di 64 persimpangan yang ada di Kota Denpasar. Dalam melakukan pantauan arus lalu lintas CC-Room Atcs Kota Denpasar memiliki 21 Layar (Wall Display) yang digunakan untuk menampilkan setiap persimpangan untuk mengatur arus lalu lintas di Kota Denpasar dan juga telah memiliki 1 layar Wall Map. CC-Room ATCS memiliki 8 buah PC yang digunakan sebagai pendukung layanan ATCS Kota Denpasar yang dioperasikan langsung oleh operator ATCS Kota Denpasar. ATCS Kota Denpasar juga menyediakan Live Streaming bagi warga kota yang ingin mengetahui secara live kondisi arus lalu lintas seputaran Kota Denpasar. ATCS Kota Denpasar juga memiliki 16 Info Display yang terpasang pada APILL dan 5 VMS (Variable Message Sign) untuk memberikan informasi, peringatan, larangan, perintah dan petunjuk seputaran Kota Denpasar. Dari 64 persimpangan yang ada di Kota Denpasar, 39 persimpangan sebagai pengaturan kondisi lalu lintas diatur langsung oleh ATCS Kota Denpasar, 11 persimpangan pengaturan dilakukan oleh ATCS Provinsi Bali dan 14 persimpangan masih konvensional. ATCS Kota Denpasar juga telah memiliki 8 Detector yang terpasang di persimpangan.


  • 22 Juli 2019
  • Oleh: Dinas Perhubungan Kota Denpasar
  • Dibaca: 1404 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

I Ketut Sriawan, SE

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Perhubungan Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?